MAJALAH SEDANE

Memuat halaman...

Sedane

Majalah Perburuhan

Sejuta Orang Berkumpul Bela Islam, Aku Berjuang untuk Perut Anakku


Tanggal 04 November 2016 adalah hari yang akan selalu diingat oleh rakyat Indonesia. Pada hari itu, puluhan ribu massa umat Islam dari segala penjuru datang ke Monas menuntut Gubernur Jakarta Basuki Purnama alias Ahok dipenjara karena kasusnya yang dianggap melecehkan agama.

Di hari yang sama pula aku selalu mengingat kejadian yang aku rasakan. Bersama puluhan temanku, buruh perempuan PT Panarub Dwikarya di Tangerang, untuk ratusan kalinya kami kembali melakukan aksi unjuk rasa. Tapi berbeda dengan aksi-aksi yang biasa kami lakukan, hari itu kami berencana melakukan aksi di waktu malam. Melakukan doa bersama lintas agama dengan menyalakan lilin.

Aksi kami adalah untuk menuntut pemilik Panarub dan pemilik brand Adidas dan Mizuno agar membayar kompensasi. Serta menuntut pemerintah dalam hal ini Kemenaker agar menjalankan rekomendasi ILO.

***

Sekitar pukul 9 pagi, aku bersama beberapa korwil[1] menyiapkan perlengkapan aksi dari mulai poster, mencari pemuka agama untuk memimpin doa, mencari tatakan lilin dan pernak pernik lainnya yang diperlukan. “Jam 7 malam kita sudah kumpul lagi ya, biar tidak terlalu malam selesainya “ teriak Ketua[2] sebelum semuanya siap.