MAJALAH SEDANE

Memuat halaman...

Sedane

Majalah Perburuhan

Rajungan Bergizi, Buruh Kerja Rodi


Pengantar

Sepanjang jalan Pantura Sluke-Kragan, Rembang, Jawa Tengah terdapat lebih dari sepuluh pabrik perikanan, baik budidaya maupun pengolahan hasil laut. Di antaranya ada PT Holi Mina Jaya, PT Holi Mina Jaya 2, PT Kelola Biotech International, PT Bintang Karya Laut, PT Indo Lautan Makmur, PT Sumber Mina Bahari, PT Central Pertiwi Bahari, PT Windu Alam Sentosa, PT Tonga Tiur Putra, PT Pan Putra Samudra, dan PT Kelola Mina Laut.

Dari pabrik-pabrik yang disebutkan di atas, terdapat spanduk menarik perhatian, terutama di gerbang PT Sumber Mina Bahari. Di spanduk tersebut terdapat logo ILO, KEMNAKER dan IDKI. Ada 5 spanduk di pagar depan, spanduk pertama bertuliskan, “Stop stigma stop diskriminasi, Infeksi Covid-19 bukan penyakit aib yang disebabkan perilaku tidak terpuji, #lawanvirusnyabukanorangnya”. Spanduk kedua tentang protokol pergi bekerja, spanduk ketiga tentang deteksi TB-HIV-COVID-19 di tempat kerja, spanduk keempat tentang perlindungan pernapasan dan spanduk kelima tentang protokol di tempat kerja.

PT Sumber Mina Bahari (PT SMB) merupakan perusahaan yang memproduksi olahan daging rajungan dengan brand Chicken of The Sea dan Pan Royal yang diekspor ke Thailand dan Eropa.

Industri pengolahan dan pengawetan ikan dan biota air dalam kaleng (Pengalengan) merupakan sektor industri padat karya, pada 2012, mampu menyerap 19.929 tenaga kerja (Kemenperin, 2010). Pada 2021, nilai ekspor rajungan-kepiting menempati urutan ketiga terbesar setelah udang dan tuna-tongkol-cakalang yakni sebesar 446 juta dengan volume 24 ribu ton.