MAJALAH SEDANE

Memuat halaman...

Sedane

Majalah Perburuhan

Wajah Muda di Putaran Aksi Hari Perempuan

Matahari menggelincir di atas gedung Istana Negara, Jakarta. Berbagai organisasi lintas sektor memperingati Hari Perempuan Internasional (HPI). Semua memusatkan aksinya di Istana Negara. Tim pengamanan berlapis aparat keamanan bersiaga dengan kawat berduri mengelilingi Taman Aspirasi. Beberapa orang berseragam loreng tampak hilir-mudik dan berusaha mengajak bicara partisipan aksi yang duduk. Beberapa perempuan berkerudung berjalan-jalan menenteng plastik hitam besar berisi minuman dingin, kopi, rokok dan termos. Setiap yang duduk ditawarinya minuman.

HPI telah menjadi salah satu ‘hajatan besar’ dan hari bersama berbagai organisasi sosial. Di hari itu mereka berbaur.  Pemandangan serupa terjadi di Hari Tani Nasional dan Hari Buruh Internasional. Barangkali karena alasan itulah pihak aparat keamanan merasa perlu menyiapkan kekuatan ekstra. 

Partisipan aksi terdiri atas perempuan dan lelaki. Tiap organisasi mengenakan seragam khusus. Ada yang berkaos hitam, merah menyala, ungu, dan merah muda. Empat mokom berjejer di Taman Aspirasi, sebuah taman di seberang Istana Negara, tepat di pintu masuk Tugu Monas. Pengeras suaranya diarahkan ke Istana Negara. Satu per satu para pemimpin aksi berorasi menyampaikan berbagai persoalan rakyat, terutama tentang kaitannya dengan perempuan.