MAJALAH SEDANE

Memuat halaman...

Sedane

Majalah Perburuhan

Buruh Menambah Stamina Kerja, Bos Tajir Melintir

Rehan: Mengusir kantuk dengan kopi

Rehan (31 tahun) merupakan buruh PT Alim Rugi Bekasi dengan status buruh tetap. Rehan bekerja di PT Alim Rugi sejak 2013. Rehan tinggal sendiri di kos dekat pabrik sementara istri dan anaknya tinggal di kampung halaman (Jawa Tengah).

PT Alim Rugi merupakan perusahaan yang memproduksi kemasan rokok, kemasan makanan, dan kemasan farmasi. Di PT Alim Rugi, para buruh bekerja dalam tiga shift di mana pergantian shift dilakukan setiap seminggu sekali. Jika minggu pertama masuk shift pagi, memasuki minggu kedua buruh masuk shift malam, berikutnya masuk shift sore, dan seterusnya. Begitu juga dengan Rehan, sejak pertama bekerja di PT Alim Rugi, Rehan sudah mulai bekerja di shift malam.

Di PT Alim Rugi, shift tiga dimulai dari jam 23.00 WIB sampai jam 07.00 WIB. Menurut Rehan setiap bekerja di shift tiga ia selalu membawa kopi sachet sendiri sebab perusahaan hanya menyediakan dispenser, galon dan juga tidak ada tunjangan lainnya.

Untuk mengusir kantuk, Rehan melakukannya dengan cara merokok dan minum kopi di waktu istirahat. Sementara, menurut Rehan, para buruh perempuan lebih memilih untuk tidur.

Kalau saya gak pernah ngelakuin (tidur), emang gak bisa tidur di pabrik. Soalnya saya gak bisa tidur kalau dengar suara mesin, berisiklah, intinya gak nyaman juga,” ujar Rehan.

Aktivitas Rehan sebelum bekerja adalah jika ada keluarga datang maka ngobrol dengan keluarga, kadang main futsal, kadang nongkrong dengan teman-temannya dan jika tidak ada kegiatan maka Rehan memilih tidur.

Setelah pulang shift malam, Rehan tidak langsung pulang ke kos tetapi nongkrong dulu di pabrik, minum kopi satu atau dua jam dengan teman-temannya, baru nyari sarapan, kemudian pulang ke kos dan tidur.

Menurut Rehan, dampak yang dirasakan setelah bekerja shift malam adalah badannya cepat ngedrop karena lelah. Karena waktunya terbalik, malam untuk bekerja, siang untuk tidur sementara tidur siang tidak bisa maksimal.