MAJALAH SEDANE

Memuat halaman...

Sedane

Majalah Perburuhan

Eksploitasi Seksual, Bukan Bahan Candaan!

Sekitar pukul 19.30 WIB, di tengah rutinitas mengembalikan mood setelah aksi massa memperingati Hari Buruh Internasional, dua pesan masuk melalui aplikasi Whatsapp. Walaupun sudah memasuki hari keempat setelah aksi massa badan terasa ringsek. Bawaannya mager.

Saya lihat pesan itu. Ternyata dia mengirim sebuah link berita dari media massa daring lokal, Fajarpendidikan.co.id. Tertera, Viral, Perusahaan di Cikarang HRD Haruskan Karyawati Staycation untuk Perpanjangan Kontrak.

“Ini lagi rame ya?” Lanjut pesan itu. 

Saya terperangah.

“Aih parah, kalau beneran, jahanam nih perusahaan,” balas saya.

“Perusahaan apa ya?” lanjut balasan saya.

“Kalau di TikTok ramai. Konon nama pabriknya PT M dan PT E,” tegas pengirim pesan.

Selepas May Day saya memang lebih banyak rebahan. Sesekali mengintip berita-berita online dan status Whatsapp orang lain. Kadang tergoda mengomentari drama ‘cium tangan’, dukung mendukung Capres dan klarifikasinya. Rupanya saya ketinggalan berita yang lebih penting.

Informasi di media daring tersebut di tulis pada 2 Mei 2023. Sebenarnya, tidak layak disebut berita karena sekadar pernyataan tanpa bukti. Tapi, tidak menunggu lama, saya pun membuka aplikasi Tiktok, platform yang dulu saya bilang alay.

Setelah menekan tombol searching dengan cepat saya pun mendapatkan informasi yang dicari. Betul saja, di TikTok sudah banyak yang membuat video tentang kejadian ‘staycation karyawan Cikarang’.