MAJALAH SEDANE

Memuat halaman...

Sedane

Majalah Perburuhan

Aksi Peringatan May Day 2024: Wujudkan Kesejahteraan dan Kedaulatan Rakyat (1)

Artikel ini merupakan booklet tentang peringatan May Day 2024 yang diterbitkan oleh Aliansi Barisan Rakyat Anti Penindasan (BARA API), Surabaya, Jawa Timur. Untuk kepentingan pendidikan dan kampanye Majalah Sedane menerbitkan ulang dalam Serial May Day 2024.

Pengantar

Ketika May Day tiba di seluruh dunia, May Day membawa serta warisan ketahanan, solidaritas, dan semangat gigih para buruh di mana pun. Berasal dari perjuangan bersejarah gerakan buruh di akhir abad ke-19, hari ini merupakan bukti upaya tak kenal lelah dan pengorbanan para buruh yang telah memperjuangkan hak, martabat, dan terwujudnya masyarakat yang lebih adil dan setara. Di luar makna simbolisnya, May Day juga berfungsi sebagai pengingat kuat akan jalinan aspirasi kemakmuran dan kedaulatan yang menjadi inti gerakan buruh.

May Day berakar dari perjuangan untuk delapan jam kerja sehari—perjuangan yang dilakukan oleh para buruh yang berani memimpikan sebuah dunia di mana buruh tidak identik dengan eksploitasi dan kelelahan. Dari peristiwa Haymarket di Chicago hingga jalanan kota-kota di seluruh dunia, para buruh bersatu dalam solidaritas, menuntut upah yang adil, kondisi kerja yang aman, dan pengakuan atas hak-hak dasar mereka. Meskipun perjalanan ini penuh dengan kesulitan dan pengorbanan, upaya kolektif mereka membuka jalan bagi perubahan transformatif dan menginspirasi generasi mendatang.

Pada intinya, May Day mewujudkan visi kemakmuran bagi semua—sebuah visi di mana setiap buruh diberi kesempatan untuk berkembang, berkembang, dan menjalani kehidupan yang bermartabat. Hal ini tidak hanya mencakup kompensasi yang adil dan pekerjaan yang layak tetapi juga akses terhadap perlindungan sosial yang penting, layanan kesehatan, pendidikan, dan suara dalam proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka. Terlebih lagi, kemakmuran sejati melampaui sekedar kekayaan materi, yang mencakup gagasan tentang pemenuhan, kesejahteraan, dan realisasi potensi penuh seseorang sebagai manusia.

Yang tidak dapat dipisahkan dari upaya mencapai kemakmuran adalah gagasan kedaulatan—hak yang melekat pada masyarakat untuk mengatur diri mereka sendiri dan menentukan nasib kolektif mereka. May Day berfungsi sebagai pengingat tentang kedaulatan buruh, yang melalui aksi terorganisir dan suara kolektif mereka, menegaskan hak pilihan mereka dan bersama-sama memperjuangkan demokrasi. Hal ini tidak hanya mencakup kedaulatan politik tetapi juga kedaulatan ekonomi, di mana buruh mempunyai kendali atas hasil kerja mereka dan berpartisipasi dalam membentuk struktur ekonomi yang mengatur kehidupan mereka.

Saat kita memperingati May Day di abad ke-21, kita dihadapkan pada tantangan dan peluang baru yang memerlukan perhatian dan tindakan kolektif kita. Mulai dari maraknya otomatisasi dan pekerjaan tidak tetap hingga kebutuhan mendesak akan perubahan iklim dan kesenjangan, perjuangan untuk hak-hak dan martabat buruh terus berlanjut. Namun, di tengah tantangan-tantangan ini, masih ada harapan – sebuah pengakuan bahwa semangat solidaritas dan ketahanan yang menjiwai May Day masih bertahan, menginspirasi generasi baru untuk memperjuangkan keadilan, kesetaraan, dan kemajuan umat manusia.

Lanjutkan membaca

(Ilustrasi: Senja Melawan)