MAJALAH SEDANE

Memuat halaman...

Sedane

Majalah Perburuhan

“Aksi Résèp Heueuh”: May Day 2024

Sebelum memasuki bulan Mei 2024, serikat-serikat buruh dan aliansi serikat buruh disibukan untuk  menyiapkan peringatan May Day. Peringatan yang setiap tahun diperingati oleh gerakan buruh di seluruh dunia. Biasanya konsolidasi-konsolidasi ini dilakukan dua bulan sebelumnya, seperti yang dilakukan oleh Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK), aliansi yang terdiri dari serikat buruh, petani, kelompok perempuan, dan pelajar. Mereka melakukan konsolidasi pada Maret untuk mempersiapkan aksi bersama. 

Dalam diskusi dan konsolidasi-konsolidasi tersebut dilakukan perumusan-perumusan tuntutan yang akan dibawa pada aksi, konsep aksinya akan seperti apa dan mempersiapkan jumlah masing-masing massa aksi organisasi yang tergabung di dalam aliansi, sampai di tahap teknis lapangannya ketika aksi. Hal ini pun tidak hanya dilakukan oleh aliansi GEBRAK. Aliansi gerakan buruh tingkatan nasional lainnya pun, melakukan hal yang sama.

Diskusi dan konsolidasi, tidak berhenti di tingkatan nasionalnya, pendiskusian May Day pun dilakukan di tingkatan pengurus pabrik dan anggota-anggota serikat pabrik. Beberapa kawan bercerita, sebelum mengikuti aksi pada 1 Mei di Jakarta, mereka melakukan pendiskusian terlebih dahulu di pabriknya bersama anggota-anggota yang lain. “Agar mereka yang tidak ikut pun mengetahui apa itu May Day, mengapa May Day menjadi penting untuk buruh,” ujar seorang kawan dari Cirebon yang juga mempersiapkan May Day di wilayahnya sebelum aksi May Day di Jakarta. Harus digaris bawahi tidak semua serikat buruh melakukan hal yang sama, seperti diutarakan kawan saya tersebut. 

Pendiskusian May Day tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa dan buruh manufaktur. Pendiskusian ini terjadi pada buruh-buruh Ojek Online, mereka mempersiapkan diri untuk mengikuti May Day dengan turun ke jalan dan membawa tuntutan yang dirumuskan bersama. Mereka membentuk aliansi  Jaringan Serikat Ojol (JSO). JSO adalah Aliansi Solidaritas antar-serikat pengemudi Ojol di Indonesia yang memfokuskan pada perjuangan kesejahteraan Ojol seluruh indonesia. Serikat yang tergabung di JSO adalah Serikat Pengemudi Roda Dua (SERDADU) dari Kota Serang, Serikat Demokrasi Pengemudi Indonesia (SDPI) dari Kota Sukabumi dan Serikat Pengemudi Angkutan Indonesia (SEPETA) dari Kota Tangerang.

***