MAJALAH SEDANE

Memuat halaman...

Sedane

Majalah Perburuhan

Serikat Buruh: Perlawanan, Dilemahkan dan Perpecahan

Judul Buku     : Gerakan Buruh Indonesia: Perlawanan dan Fragmentasi

Penulis           : DR. AF. Sigit Rochadi, M.Si.

Editor             : Muhammad Rizal Rumra

Halaman       : x + 296 halaman

Cetakan         : Pertama

Tahun             : 2020

Penerbit         : Bumi Aksara

***

Buku ini menceritakan pembentukan, persatuan dan perpecahan serikat buruh. Dari masa kolonial hingga era reformasi. Buruh menyusun perlawanan dengan membentuk serikat buruh. Setelah berserikat dan melakukan perlawanan terjadi perpecahan. Di tengah kepingan perpecahan itu serikat-serikat buruh membangun persatuan. Persatuan yang diupayakan dengan setengah payah kemudian mengalami perpecahan lagi. Tapi perlawanan buruh tidak berhenti. Serikat buruh bangkit dan melawan.

Perlawanan serikat buruh tidak henti walaupun rezim terus berganti. Perlawanan tetap dikobarkan. Pemerintah dengan banyak cara melemahkan gerakan buruh. Melalui buku ini penulis mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong perpecahan di serikat buruh.

Kelebihan buku ini karena ditulis oleh orang yang bertahun-tahun berkecimpung di dunia perburuhan. Disertai studi dokumentasi dan wawancara mendalam dengan aktor-aktor penting di serikat buruh periode 1980-an. Penulis berhasil mewawancarai tokoh gerakan buruh di era Soeharto yang terlibat dalam pembentukan serikat buruh di era tersebut dan menjadi pendukung rezim. Uniknya, hampir seluruh tokoh tersebut mengakui bahwa masa jaya serikat buruh hanya ada di era 1950-an. Bagian ini dipaparkan dalam Bab 5 dalam subjudul ‘Romantisme Politik’.

Bagi yang hendak belajar keserikatburuhan kadang mengalami kebingungan dengan ratusan dan singkatan nama dan warna bendera. Nyaris sulit membedakan antara satu serikat buruh dengan serikat buruh lain. Untuk melihat perbedaan-perbedaan tersebut, buku ini menyediakan informasi tersebut. Bahkan, ada bagan untuk mempermudah melihat silsilah kemunculan sebuah serikat buruh. Buku ini menyediakan informasi lengkap serikat buruh di akhir 1990-an hingga 2019: dari aktor yang terlibat, sejarah pembentukan, nama-nama hingga singkatan serikat buruh.