Bandung dan Perth Memperingati May Day

Bandung

Reporter: Adi

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari buruh internasional tahun ini terpusat di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro. Menariknya, peringatan tahun ini disambut bukan hanya oleh buruh tapi juga petani, mahasiswa, hingga kaum muda di wilayah urban. Butuh kebesaran hati dari berbagai pihak untuk turun bersama ke jalan dan bekerjasama.

Di samping orasi dari berbagai wakil organisasi yang ikut-serta, Mayday dimeriahkan pertunjukkan musik. Sebuah band buruh tampil di atas mobil mobil komando. Mereka menghibur penonton, membawakan beberapa lagu yang mengangkat kesulitan hidup rakyat biasa.

Mereka mengakhiri penampilannya mengajak mengajak semua yang hadir untuk menyanyikan “Darah Juang.”

Peringatan Mayday berakhir sekitar pukul 17.00.

***

 

Perth

Reporter: Jimi

 

Jika di Indonesia Mayday ditetapkan sebagai hari libur, di Australia tidaklah begitu.  Pada Selasa 1 MeiMerupakan penanggalan untuk memperi... itu, orang tetap bekerja seperti biasa. Peringatan hari buruh baru dilakukan pada Minggu, 6 Mei 2018.

Di Perth, salah satu kota besar di bagian Barat Australia, pawai berlangsung di jalan-jalan kota. Dilanjutkan dengan semacam festival yang berlangsung di sebuah taman publik, Esplanade Park.

Para aktivis buruh memeriahkannya dengan membentangkan poster, membagikan lembar informasi. Tapi juga dengan membuka gerai kudapan dan panggung pertunjukan musik. Menarik pula untuk melihat bagaimana buruh memperlakukan Mayday sebagai hari libur keluarga, dengan membawa serta seluruh keluarganya, termasuk hewan peliharaan mereka.

Baca juga:   Peringatan May Day 2018 di Berbagai Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *